Hilang Semangat Ngeblog? Duh, Jangan Sampai


Tidak seperti Twiter dan Facebook, menulis di blog atau ngeblog membutuhkan waktu yang tidak cukup hanya semenit dua menit. Ngeblog seringkali membutuhkan ide dan bahasa yang menarik serta menggugah minat pembaca. Nah masalahnya, bagaimana jika di tengah jalan kita kehilangan semangat untuk ngeblog lagi?

Ide yang tiba-tiba susah muncul, dan antusias yang mulai berkurang memang menjadi salah satu ‘penyakit’ para blogger. Namun dengan sejumlah tips berikut, siapa tahu kamu bisa menumbuhkan lagi antusias untuk menulis di blog dan tetap eksis. Selamat ngeblog!

1. Tidak semua postingan blog itu harus serius dan berisi perspektif mendalam lho. Bentuk dan panjangnya pun juga bervariasi dari mulai yang panjang dan berisikan pikiran yang menggugah pembaca, hingga yang pendek dan kurang dari 250 kata. Banyak blogger yang memiliki reputasi sebagai blogger terkenal meski postingannya tak pernah berpanjang-panjang.

2. Jangan suka membiarkan ide lewat. Ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja, entah itu saat kamu di depan komputer, saat makan, nongkrong, dan lain-lain. Selalu sedia note dan pena, atau gunakan gadgetmu untuk mencatatnya agar idemu tidak berlalu begitu saja.

3. Jangan paksakan diri. Jika posisimu ada di depan komputer namun idemu buntu, jangan memaksakan diri. Beranjaklah sebentar dan lakukan kegiatan lain seperti makan, membaca koran, atau mendengarkan musik. Cepat atau lambat, inspirasi akan datang.

4. Blogwalking. Bacalah blog-blog orang lain untuk mengetahui apa yang ditulis dan dipikirkan blogger lain. Menyisihkan waktu untuk menelusuri timeline di Twitter atau berselancar di RSS reader adalah cara yang baik untuk mendapatkan informasi, wawasan serta ide. Siapa tahu saat sedang melakukan blogwalking kamu menjumpai postingan yang bertentangan dengan sudut pandangmu dan itu bisa jadi bahan tulisan.

5. Sejauh kamu tidak harus ngeblog tiap hari, maka ambillah jeda. Di waktu jedamu, kamu bisa memanfaatkannya untuk ‘nge-charge‘ diri sendiri.

6. Sesekali isi waktu luangmu dengan kegiatan lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan dunia blog dan internet. Memasak, jogging, bersepeda atau bercengkerama dengan keluarga patut dicoba. Siapa tahu menjauhkan diri sejenak dari ranah blog malah bisa membuatmu jadi blogger yang lebih baik.

Sumber: Sysomos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s