Link

Terpikir tentang sebuah birokrasi dunia yang begitu kompleks, demi mencapai keuntungan financial, manusia dengan teliti dan begitu rajin membuat target dan catatan hasil  badan usaha ataupun perusahaan yang dimilikinya.

Sebagai contoh seorang pengusaha, catatan target dan hasil perusahaan ini dibuat agar usaha yang ditekuni dapat mengalami kemajuan melalui perbaikan pada setiap hasil yang dicapai.

Tak tanggung-tanggung, banyak orang dilibatkan dalam membuat target dan catatan hasil perusahaan mulai dari; manajer, akuntan, sekretaris, supervisor dan lain sebagainya direkrut dan dibayar dengan rupiah yang tak murah. Anehkah sang pengusaha??? Sama sekali tidak aneh karena sang pengusaha paham dan sadar betul akan keuntungan besar yang dapat diperolehnya jika perusahaan yang dibentuknya dapat berkembang pesat.

Berbicara tentang keutamaan bulan Ramadhan pasti tidak akan pernah ada habisnya. Keuntungan melaksanakan banyak amalan ibadah di bulan mulia ini telah banyak diketahui dan dipahami oleh banyak muslim didunia.  Namun sayangnya, sangat sedikit yang sadar untuk benar-benar memanfaatkan moment berharga atas pertemuan dengan bulan Ramadhan.

Jika diibaratkan sebuah perusahaan, maka bulan Ramadhan adalah perusahaan yang sangat bonafide dan istimewa. Dimana jika ada pengusaha atau karyawan yang mau sungguh-sungguh menjalankan perusahaan Ramadhan ini, maka ia akan memperoleh keuntungan tak terhingga.

Bagaimanakah usaha sungguh-sungguh yang dimaksud????  Jawabnya hampir sama dengan usaha dari seorang “pengusaha sungguhan” yang ingin agar perusahaannya mendapat keuntungan besar, yakni dengan kerja keras, konsisten, disiplin, focus dan teliti. Untuk mendapatkan keuntungan berlipat-lipat di perusahaan Ramadhan… juga demikian adanya; amal ibadah harus tekun, ikhlas, istiqamah, khusyuk, dan berhati-hati dalam perkara dosa.

Banyak orang telah memahami teori tentang ibadah, teori tentang keutamaan Ramadhan, namun sangat sedikit yang sadar untuk berusaha mengamalkannya.

Langkah awal yang sangat tepat untuk menjadi pengusaha sukses dan mendapatkan keuntungan besar di perusahaan Ramadhan adalah dengan menyusun target ibadah di tiap tanggal di bulan Ramadhan.

Menuliskan target ibadah di tiap tanggal di bulan Ramadhan akan memacu semangat tersendiri. Target itu dapat kita tulis dan kita atur agar ditiap hari mengalami peningkatan kebaikan. Target yang kita tulis di agenda pribadi itu, tiap bangun pagi harus terbaca dan ter-mindset dalam pikiran kita.

Jika kita ingin menjadi pengusaha sukses di perusahaan Ramadhan… maka kita akan kerja keras dalam mengejar target amal, berusaha ikhlas dalam melaksanakan segala amal perbuatan, istiqamah, khusyuk dan berhati-hati dalam perkara dosa.

Jika dalam birokrasi untuk keuntungan dunia, manusia mau bersusah payah kerja keras dan konsisten, kenapa tidak dengan birokrasi untuk mencapai keuntungan akhirat??? Padahal kita tidak pernah tahu apa ruh kita masih dapat bertemu dengan Ramadhan tahun berikutnya???

Jikalau sangat susah membayangkan pahala, bayangkan saja tentang omset perusahaan atau gaji uang atau apapun. Ibarat perusahaan besar, Ramadhan adalah perusahaan yang memberikan gaji 1000 kali lipat bahkan lebih bagi karyawannya atau omzet 1000 kali lipat lebih bagi pengusaha yang bersungguh-sungguh selama 30 hari.

Mantab ndak tuh Ramadhan???? 30 hari kerja diberi gaji 1000x lipat!!!! 30 hari usaha diberi omzet 1000x lipat lebih!!!! Yakin deh… nyesel abis yang ngelewatin kerja di perusahaan ini. Mau cepat sukses???? Kerja sungguh-sungguh yuk di perusahaan Ramadhan… =)

Pengetahuan tanpa tindakan adalah nol besar dan tindakan tanpa pengetahuan sangatlah hampa. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, bahwa beliau mendengar Rosulullah saw bersabda:

“Seandainya umatku itu tahu akan keutamaan dan keagungan bulan Ramadhan, pasti mereka akan berharap agar tahun itu menjadi bulan Ramadhan semua, karena kebaikan dan ketaatan semua terkumpul dan dosa-dosa terampuni, dan surga juga merindukan mereka”

sb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s