Rumus unik:5+3=-2


Pagi ini, saya seperti biasa menyimak ceramah Ustadz Yusuf Mansyur di TPI. Tayangan berdurasi satu jam bertajuk “Nikmat Sedekah” mengambil topik “sedekah membawa berkah”.

Kali ini seorang ibu bernama Ibu Dede Bagus isteri Pak Yatmiko Prabowo menceritakan pengalamannya tentang berkah yang didapatnya setelah dia rajin bersedekah.Katanya,ia mendapat suatu proyek yang membutuhkan dana sekitar Rp.400 juta. Ia berusaha untuk mendapatkan uang itu dengan cara meminjam dari kenalan dan sahabatnya.

Anehnya,para sahabat dan kenalannya setuju dan langsung membantunya.Merekapun tidak memerlukan kwintansi sehingga Ibu Dede merasa ngeri.Bu Dede Bagus takut jika kelak dia meninggal dunia dan belum melunasi hutangnya bagaimana cara sahabatnya itu menagih kepada keluarganya jika tidak dilengkapi kwitansi.

Untunglah bu Dede Bagus hingga kini dia masih segar-bugar.Bu Dede sebenarnya mengidap penyakit jantung dan sudah pernah dioperasi untuk memasang cincin.Seharusnya bu Dede melakukan operasi lanjutan untuk memasang cincin lagi ditubuhnya guna menjaga jantungnya.Namun karena dia sudah sehat maka operasi itu tidak jadi dilaksanakan.

 

Lain lagi dengan kisah Ibu Ria (mudah-mudahan saya tidak salah mengutip namanya).Ibu ini mengaku sering memberi sedekah kepada guru ngajinya. Sedekah bukan dalam bentuk uang tetapi hanya nasi untuk sang guru. Setiap berangkat mengaji tak lupa Bu Ria menyisihkan bekalnya untuk diberikan kepada gurunya.Apa berkah yang didapat ? Bu Ria menikah dengan seorang ustadz dan mempunyai anak yang sejak umur 2 tahun sudah bisa berceramah agama.

Begitulah dampak dari sebuah sedekah.

Tak lupa pada kesempatan ini ustadz Yusuf Mansyur memberikan rumus sedekah. Ustadz ganteng mengingatkan kembali rumus sedekah yang sudah sering disampaikan dalam ceremah-ceramahnya. Rumus itu adalah :

10-1=19, ini diperoleh dari uang Rp.1 jika disedekahkan dengan ikhlas akan dilipatkan gandakan 10 kali lipat yaitu menjadi Rp. 10.- Dengan demikian maka hasil akhirnya adalah Rp.10-1+10 = Rp.19.-

Dengan rumus ini maka jika kita mempunyai uang Rp.1.000.000 kita sedekahkan Rp.100.000 maka uang itu akan dibalas Allah Swt 10 kali lipat sehingga menjadi Rp.1.000.000. Maka hasil akhir uang kita menjadi : Rp.900.000( sisa uang setelah diambil untuk disedekahkan)+Rp.1000.000(uang sedekah yang telah dilipatkalikan 10x) =Rp.1.900.000.

Kalau uang Rp.1.000.000 tadi kita sedekahkan Rp.500.000 maka kita akan memperoleh :Rp.500.000+Rp.5.000.000 =Rp.5.500.000, dan jika uang Rp. 1.000.000 kita sedekahkan semua maka uang kita akan  menjadi senilai Rp.10.juta.

Selanjutnya ustadz Yusuf Mansyur memberikan rumus sedekah yang lebih unik yaitu 5+3=-2. Sontak para pendengarnya menampakkan wajah bertanya-tanya. Sang ustdaz kemudian menjelaskan dengan contoh sebagai berikut : Seorang pegawai gajinya Rp.3.juta sebulan. Tetapi tiap bulan dia bisa menabung sebanyak Rp.5 juta.Ternyata uang Rp.5 juta itu berasal dari usaha yang tidak benar. Jika uang itu dijumlahkan maka hasilnya hanya Rp.2 juta. Mengapa demikian ? Karena uang yang Rp.3 juta itu dimakan oleh uang haram yang Rp.5 juta sehingga si pegawai tekor Rp. 2 juta.

Rumus ini layak kita renungkan agar kita tidak menjadi manusia yang tekor,baik didunia maupun di akhirat kelak.Lebih baik kita syukuri nikmat yang dicurahkan oleh Allah Swt yang Insya Allah barokah daripada nyabet kiri-kanan yang akhirnya akan menyengsarakan kita dunia dan akhirat.

Semoga bermanfaat.

 

Bahan : disarikan dari ceramah ustadz Yusuf Mansyur di TPI Rabu tanggal 27 Mei 2009 jam 04.30-05.30.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s