Ketahuilah Kesiapan Dia!


Meski hasrat berkeluarga sudah begitu menggebu. Meski dia sangat menginginkanmu. Namun, jangan sekali-kali memasuki kehidupan yang baru bersamanya jika tak ada kesiapan yang matang padanya.  Syaikh Muhammad Barakat memberikan beberapa indikator kesiapan seorang pria untuk menikah. Berikut ini syarat-syarat yang dipaparkan pada buku ‘Pria & Wanita dalam Satu Gerbong’:

  1. Jika pria benar-benar bertekad untuk mengatur pola hidupnya sebaik-baiknya, sehingga ia memiliki kehidupan yang teratur, memiliki prioritas amal dan kehidupan yang berkualitas.
  2. Jika pria siap melepas sebagian kebebasannya demi memperoleh berbagai kesenangan dan kegembiraan, serta apa-apa yang akan diberikan istrinya dalam upaya istri membahagiakan dirinya.
  3. Jika pria telah melatih dirinya untuk bermurah hati dan berlapang dada dan siap mendengar pendapat yang berbeda dengan pendapatnya.
  4. Jika pria merasa sangat memerlukan orang lain yang sangat istimewa dari teman-temannya yang lain, orang yang akan menjadi tempat mencurahakan isi hatinya dan apa-apa yang tersembunyi dalam dadanya.
  5. Jika pria siap mengahdapi rasa cemburu istrinya kelak, dan bagaimanapun tetap bekerja sama dengannya. Dan siap pula mengatasi rasa cemburunya terhadap istrinya.
  6. Jika pria telah memutus hubungan di masa lalu yang tidak patut dilanjutkan, demi menghormati kesucian pernikahannya dan kesucian istinya.
  7. Jika pria mencintai anak-anak dan ingin memiliki mereka serta memikul tanggung jawab pendidikan mereka, dengan sikap ridha menerima kehadiran mereka, dan siap menjadi kepala keluarga.
  8. Jika pria rela menerima keluarga istrinya, dan menganggap sebagai keluarga keduanya. Ia rela pula mempererat jalinan-jalinan cinta dan persaudaraan antara keluarga istrinya dengan keluarga asalnya.
  9. Jika pria siap tidak egois, bahkan memberikan pengobanan apapun, meski ia meyakini adanya perbedaan anta keluarga baru yang akan ia bangun dengan keluarga dimana ia tumbuh.
  10. Jika pria percaya diri mampu hidup sepanjang hayatnya dengan wanita yang sudah dipilihnya. Ia rela bergaul dan ikhlas berteman dengannya.
  11. Jika pria telah terbebas dari semua hal yang menjadi kesukaan buruknya, seperti mabuk-mabukkan, perjudian, atau permainan apa saja yang berdosa dan melalaikan.
  12. Jika pria siap mempercayai bahwa istirnya adalah manusia biasa. Oleh karena itu, lumrah saja jika ada beberapa aib menempel padanya, dan ia tetap mampu bergaul dengannya serta berusaha memperbaikinya dengan sabar.
  13. Jika pria siap menghadapi berbagai duri pernikahan, yang berkaitan dengan teman dan kerabat. Ini memang termasuk hal-hal yang bisa mengancam ketentraman rumah tangga, terutama jika mereka ada keinginan uantuk mencampuri urusan rumah tangga orang lain, sedang sang pria ingin mempertahankan rumah tangganya.

Setelah itu semua, yakni apabila pria tersebut telah memenuhi syarat-syarat di atas, maka dengan bertawakal kepada Allah, menikahlah dengannya. Dan, percayalah bahwa atas izin Allah ia akan bisa menjadi suami yang sangat akan membahagiakanmu. Wallahua’lam.

One comment on “Ketahuilah Kesiapan Dia!

  1. Pingback: Ketahuilah Kesiapan Dia! | nanifreawika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s