Ketika Akhwat Terperangkap Sinyal Cinta

“…rasa nyaman terkadang membuat orang berhenti meniti takdir terindah…”
[Sarwo Widodo Arachnida]
Akhwat itu susah Move On… itu kesimpulan instan yang saya dapatkan. Meski sejatinya tidak semuanya begitu. Miris memang, tapi itu kenyataan. Setidaknya itu yang saya temukan. Tak percaya…? Mungkin kisah ini bisa bisa jadi sebagian bukti.
Continue reading

Saat Getar Cinta Menyapa Jiwa

Fragmen 1

Ikhwan–akhwat aktivis dakwah, demikian orang lebih sering menyebutnya. Keduanya tampak terlihat sibuk. Mereka berdua menghabiskan hampir setiap waktu mereka di luar rumah. Di ruang kuliah, di masjid kampus, di rumah kontrakan yang jadi markas dakwah dan bahkan di arak-arakan jalanan saat mereka demontrasi. Sepenggal fase hidup mereka dipenuhi dengan Jadwal syuro, kajian, bakti sosial, outbond hingga aksi turun ke jalan. Selayaknya anak manusia seumur mereka, lumrah apabila ada “getar-getar” di antara mereka. Getaran tersebut tercermin dari perbincangan keduanya seperti ini :

Continue reading

#NikahMuda itu Mudah oleh @NikahAsik

Berikut Kulwit ttg #NikahMuda itu Mudah oleh @NikahAsik ^_^
1. Cinta itu FITRAH. Alami pada diri setiap kita, terutama pemuda. Namun, cinta bisa jadi FITNAH, ketika rasa mengalahkan logika #NikahMuda

2. Sungguh indah ketika rasa cinta menyapa. Saat melihat si dia, semua terasa cerah, semangat, berbinar, dan bahagia. #NikahMuda

3. Cinta datang tanpa diundang, cinta tumbuh tanpa disuruh. Tak terbendung, ia mekar begitu saja. Memabukkan otak. #NikahMuda

4. Lalu, tak adakah solusi utk jiwa2 resah dimabuk cinta? Pacaran jelas bukan solusi, ia hanya pelarian. Wujud kepengecutan. #NikahMuda

5. Pacaran hanya alasan. Mau mereguk indahnya tapi tak mau komitmennya. Kalau bosan, putus. Tanpa ikatan. Tanpa kehalalan. #NikahMuda

6. Kenapa tidak #NikahMuda saja? Tapi kan masih kuliah! Masih belum mapan! Masih ini dan itu…

7. #NikahMuda adalah solusi. Namun, banyak yg takut menjalani. Sebenarnya, bukan usia yg jadi patokan. Namun, kemauan yg didukung kesiapan.

8. Kesiapan #NikahMuda terkait dg ilmu dan materi. Ilmu pernikahan meliputi ilmu agama, ilmu berumah tangga, ilmu mendidik anak dll

9. Sedangkan materi adalah RODA yg mendukung jalannya rumah tangga. Kesiapan materi adalah salah satu penentu kesuksesan #NikahMuda

9. kesiapan materi itu RELATIF besarnya. Tapi, paling tidak setelah #NikahMuda, suami mampu menafkahi istrinya.

10. Umur brp cocok utk #NikahMuda? Umur bukan batasan. Ada yg menikah sudah berumur, tp krn benturan ego dg pasangan, hancur pernikahannya.

11. Bagaimana bila #NikahMuda sambil kuliah? Tergantung kesiapan anda! Bisa jadi malah bikin semangat pengen cepat2 lulus! *pengalaman*

12. Apakah #NikahMuda mengganggu kuliah? Belum tentu, banyak yg gak nikah tp kuliahnya tetap keteteran. Akibat sibuk berorganisasi/pacaran.

13. Terus bagaimana biaya kuliah? Nego sama ortu, tapi alangkah baiknya bila suami turut membantu. #NikahMuda

14. Yg lain wisuda didampingi pacar, yg #NikahMuda bisa didampingi istri/suami. Lebih gaya, lebih keren, dan HALAL.

15. Tapi kan pengen kerja dulu? | nggak nyesel? Nanti keenakan kerja, tau2 udah usia 29, belum ada yg melamar. Nah lo? #NikahMuda

16. Makanya pacaran dulu, nanti kalo udah umur 29, pacar yg melamar | yakin? Bisa jadi bukannya lamaran, malah bubaran. Kan, blm ada ikatan.

17. Yang lain sibuk mengejar karir, yg #NikahMuda sibuk mengejar ridho suami atau mengejar rejeki utk nafkah istri. Insya Allah berpahala.

18. Yg lain sibuk gonta ganti gebetan, kejebak friendzone, LDRan, HTSan, TTMan. Yg #NikahMuda sibuk berjuang membangun rumah tangga sakinah.

19. Tapi #NikahMuda itu rentan cekcok lalu cerai! | makanya sebelum nikah, kuatkan komitmen: ISTRI PATUHI SUAMI, SUAMI NAFKAHI ISTRI.

20. Kuncinya adalah komunikasi, saling menahan ego, dan saling mengalah. Susah? Iya. Tapi bisa dilakukan. #NikahMuda

21. Tapi masa muda masih mau senang2? | #NikahMuda justru bikin kamu bisa senang2 sepuasnya dg HALAL. Bertumbuh bersama. Berjuang bersisian.

22. #NikahMuda menghambat karir? | itu cuma alasan, ubah mindset kita, dg menikah justru makin semangat cari rejeki demi pasangan.

23. #NikahMuda pasangan masih egois? | makanya cari pasangan yg bener. Banyak kok anak muda dg pola pikir dewasa dan siap kerja keras.

24. #NikahMuda terganjal restu? | diskusikan, lobi, perbaiki diri. Mungkin ortu belum melihat kamu pantas menikah. Maka: PANTASKAN DIRIMU!

25. Ah, admin enak ngomong doang! | loh kami juga pelaku #NikahMuda pas masih sama2 umur 21. Sampai disangka MBA. -_-”

26. Tapi saya belum siap #NikahMuda | ya jangan dipaksa, persiapkan diri, hati, dan materi. Tapi sambil nunggu siap, jangan pake pacaran ya

27. Demikian share #NikahMuda malam ini. Kalo ada yg kurang berkenan mohon dimaafkan. :D

28. Kalau belum ada yg melamar min? | tetap berdoa, kuatkan tekad, dan CABAL EAAAA #NikahMuda

29. Sering sakit hati min! | namanya menikah, umur berapa pun, pasti bakal ada rasa sakit hati kok. Gak cuma yg #NikahMuda aja.

30. Belum siap punya anak! | Menurut saya, lebih baik #NikahMuda lalu menunda pny anak drpd belum menikah udah pny anak. Menurut saya, lho.

Rame banget mention masuk malam ini… Maaf ya nggak bisa jawab semua. Semoga ada ilmu yg bisa didapat dari share #NikahMuda ini…

15 Rahasia Agar Jodoh Didekatkan oleh Allah

Ini adalah ikhtiar yg bisa dilakukan untuk mendekatkan pertolongan Tuhan. Yg jomblo, fokus ya

1. Taubati segala dosa. Bagaimana bisa satu waktu kau mengiba pada-Nya, tapi di waktu lain kau barengi dg aktifitas yg mendurhakai-Nya

?

2. Siapkan ilmunya. Pingin naik haji, pelajari manasik haji. Pingin nikah, pelajari ilmunya. Tuhan akan mengabulkan hamba yg pantas menerima

3. Jemput. Bukan nunggu ilmu, tapi cari ilmu. Bukan nunggu rezeki, tapi jemput rezeki. Jodoh juga gitu. Bukan nunggu jodoh, tp jemput jodoh

4. Jodohmu cermin dirimu. Saat kau damba jodoh yg mulia, maka jangan menghinakan diri dg perbuatan yg tak pantas dilakukan orang yg mulia

5. Bermunajatlah pada-Nya, “Rabbii laa tadzarnii fardan..” (Tuhan, jangan biarkan aku sendiri). Kalo gak ngadu ke Tuhan, mau ke sapa lagi?

6. Rasulullah berkata, Tiga orang yg doanya pasti terkabulkan; Doa orang teraniaya, doa musafir, dan doa orang tua pada anaknya. Manfaatkan itu.

7. Doain temanmu. Doa muslim untuk saudaranya yg dilakukan tanpa sepengetahuan orang yg didoakannya, adalah doa yg akan dikabulkan Tuhan.

8. Luruskan niat. Nikah bukan hanya untuk meraih bahagia dunia, tapi lebih dari itu. Pernikahan muslim adalah ibadah yg mulia.

9. Sedekah. Ini mah gak usah ditanya lagi faedahnya. Segala masalah tuntas dg sedekah yg ikhlas. Dg sedekah, semua hajat bakal terkabul

10. Istikharahi. Berdoalah, Ya Allah, jika dia baik bagi agamaku, duniaku, akhiratku, tolong dekatkan hamba dg cara-Mu. Jika tidak, jauhkan.

11. Jangan malu minta bantu. Comblang itu halal, asal dg cara benar. Khadijah mendekati Muhammad saja dg perantara Maisaroh kan?

12. Tetaplah terhormat di masa penantian. Jomblo itu bukan aib. Jangan terpancing teman2mu yg mengisi penantian dg cara tak halal.

13. Tawakkal. Percayalah bahwa kalau memang jodoh nggak akan kemana. Kalo udah doa, udah usaha, ya udah, serahkan hasilnya pada Allah.

14. Jarang ada berlian di tempat sampah. Jemput jodoh baik di tempat baik2. Karena orang baik, lebih kerasan tinggal di komunitas yg baik.

15. Minta doa banyak orang, para sahabat, orang shalih, keluarga. Jangan malu. Kita tak tahu, dari doa yg mana pengabulan Tuhan itu datang.

Semoga dg ikhtiar itu, Allah mengaruniaimu jodoh yg baik. Selamat malem minggu bersama keluarga dan sahabat

by Ahmad Rifan Rifai
@sahabatdarihati

Kisah Nyata : Vian Sang Mualaf, Tinggalkan Kuliah Hingga Diusir Orang Tua

REPUBLIKA.CO.ID, Virgiawan Sentosa harus menjalankan puasanya tanpa sahur. Dia hanya menenggak air putih untuk membuat tubuh cekingnya bertahan. Pemuda itu harus berjuang hidup di Pasar Kemiri, Depok, menjual kantong plastik.

Vian, nama sapaannya, baru dua pekan ini resmi menjadi mualaf. Dia mengucap syahadat di Masjid Cut Meutia, Jakarta.

“Aku selalu berpikiran bahwa Allah tidak pernah memberi cobaan yang melampau kekuatan hambanya. Maka dari itu aku selalu percaya bahwa Allah akan selalu memberi jalan”, ujar Vian, saat diwawancara melalui telepon, di Jakarta, Senin (15/7)

Continue reading

Kedudukan wanita dalam Islam

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan yang terdapat dalam majalah Al-Jail di Riyadh (Arab Saudi) tentang kedudukan wanita dalam Islam yang disampaikan oleh Syaikh Ibnu Baz.

***

Segala puji hanya milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi dan Rasul yang paling mulia, kepada keluarganya, sahabatnya, serta kepada siapa saja yang meniti jalannya sampai hari pembalasan.

Sesungguhnya wanita muslimah memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam dan pengaruh yang besar dalam kehidupan setiap muslim. Dia akan menjadi madrasah pertama dalam membangun masyarakat yang shalih, tatkala dia berjalan di atas petunjuk Al-Qur’an dan sunnah Nabi. Karena berpegang dengan keduanya akan menjauhkan setiap muslim dan muslimah dari kesesatan dalam segala hal.
Continue reading

Khaulah binti Tsa`labah (Wanita yang Aduannya Didengarkan Allah dari Langit Ketujuh)

Beliau adalah Khaulah binti Tsa`labah bin Ashram bin Fahar bin Tsa`labah Ghanam bin ‘Auf. Beliau tumbuh sebagai wanita yang fasih dan pandai. Beliau dinikahi oleh Aus bin Shamit bin Qais, saudara dari Ubadah bin Shamit r.a yang beliau menyertai perang Badar dan perang Uhud dan mengikuti seluruh perperangan yang disertai Rasulullah saw. Dengan Aus inilah beliau melahirkan anak laki-laki yang bernama Rabi`.

Khaulah binti Tsa`labah mendapati suaminya Aus bin Shamit dalam masalah yang membuat Aus marah, dia berkata, “Bagiku engkau ini seperti punggung ibuku.” Kemudian Aus keluar setelah mengatakan kalimat tersebut dan duduk bersama orang-orang beberapa lama lalu dia masuk dan menginginkan Khaulah. Akan tetapi kesadaran hati dan kehalusan perasaan Khaulah membuatnya menolak hingga jelas hukum Allah terhadap kejadian yang baru pertama kali terjadi dalam sejarah Islam. Khaulah berkata, “Tidak…jangan! Demi yang jiwa Khaulah berada di tangan-Nya, engkau tidak boleh menjamahku karena engkau telah mengatakan sesuatu yang telah engkau ucapkankan terhadapku sehingga Allah dan Rasul-Nya lah yang memutuskan hukum tentang peristiwa yang menimpa kita.
Continue reading